Mengenal Fintech: Pengertian, Manfaat dan Jenisnya

Anda tentu sudah pernah mendengar tentang Fintech sebelumnya, bukan? Ya, bisa dikatakan bahwa Fintech adalah salah satu perkembangan teknologi keuangan yang sapai ke masyarakat. Berbekal teknologi digital terbaru yang digunakan, Fintech menawarkan pengurusan masalah keuangan, termasuk pinjaman dengan cepat.


Hanya saja, beberapa kalangan belum memiliki informasi yang memadai tentang apa itu Fintech. Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang beberapa hal penting terkait Fintech mulai dari pengertian, manfaat dan juga jenisnya.

Penasaran? Simak ulasan selengkapnya!

Sekilas Tentang Fintech

Fintech merupakan kependekan dari financial technology atau teknologi keuangan. Nah, bisa dikatakan bahwa Fintech merupakan inovasi teknologi yang dikembangkan dalam bidang finansial. Dengan demikian, nantinya, transaksi keuangan akan bisa dilakukan dengan lebih praktis, mudah dan juga efektif.

Di Indonesia sendiri, perkembangan Fintech bisa dikatakan cukup pesat. Teknologi ini pertama kali muncul pada tahun 2006 yang lalu. Namun, perkembangan Fintech baru bisa dikatakan sangat pesat ketika memasuki tahun 2015. Di tahun tersebut, ada lebih dari 140 perusahaan Fintech yang tercatat di database OJK.

Manfaat Fintech yang Perlu Diketahui

Hadirnya Fintech memberikan beragam manfaat terutama di bidang keuangan. Beberapa manfaat dari inovasi teknologi keuangan ini diantaranya adalah sebagai berikut:

1)      Transaksi keuangan menjadi lebih mudah

Salah satu manfaat dari Fintech adalah kemudahan perihal transaksi keuangan. Hal ini dikarenakan ketika Anda hendak melakukan transaksi keuangan, maka Anda tidak perlu lagi ke bank. Cukup melalui smartphone yang Anda gunakan, maka transaksi tersebut bisa dilakukan dengan sangat baik dan cepat.

2)      Akses pendanaan lebih baik

Manfaat lain dari Fintech adalah akses pendanaan yang bisa dikatakan lebih baik. Dalam hal ini, Fintech bisa menjangkau beragam elemen dan kalangan masyarakat. Dengan demikian, masyarakat pun memiliki pemahaman yang lebih baik mengenai bagaimana mencari cara untuk mendapatkan pendanaan guna menunjang keperluan mereka.

3)      Taraf hidup masyarakat yang meningkat

Dengan perkembangan Fintech yang semakin pesat, bisa dikatakan ada pengaruh baik terhadap taraf hidup masyarakat. Ya, Fintech yang memberikan layanan pendanaan memberikan kemudahan dari setiap masyarakat untuk mendapatkan dana guna mengembangkan usaha yang mereka jalankan.

Nah, pendanaan yang didapatkan nantinya akan membuat perputaran ekonomi menjadi lebih baik. Tentu, dengan demikian, maka nantinya masyarakat memiliki aktivitas konsumsi yang lebih baik dan juga lebih produktif.

4)      Mendukung inklusi keuangan

Manfaat lain dari kemunculan Fintech adalah dukungan pada peningkatan inklusi keuangan pada masyarakat. Apa yang dimaksud dengan inklusi keuangan tersebut adalah keterlibatan masyarakat dalam transaksi ekonomi. Beberapa hal mulai dari kegiatan jual beli, iuran hingga simpan pinjam menjadi tempat masyarakat untuk berpartisipasi.

Sebagaimana disinggung di awal bahwa Fintech memberikan kemudahan akses. Nah, dengan akses yang lebih luas tersebut tentu saja masyarakat bisa berpartisipasi dalam setiap transaksi dengan lebih mudah.

Beberapa hal di atas adalah ragam manfaat dari kemunculan dan perkembangan Fintech yang ada saat ini. Sebagai tambahan, Fintech pun memiliki manfaat untuk mempercepat perputaran ekonomi dari masyarakat sehingga nantinya pelaku usaha cenderung lebih mudah untuk menjalankan bisnis yang mereka geluti.

Jenis Fintech yang Tersedia

Perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis Fintech yang tersedia dan bisa menjadi pilihan Anda. Adapun beberapa jenis Fintech tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1)      Peer to peer lending

Jenis Fintech yang pertama adalah peer to peer lending. Ini adalah jenis Fintech yang menyediakan peminjaman dana untuk modal usaha atau untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Saat ini, ada cukup banyak perusahaan Fintech dengan jenis ini. Hanya saja, Anda perlu waspada terkait adanya penipuan yang cukup marak terjadi.

2)      Crowdfunding

Crowdfunding adalah jenis Fintech yang kedua sebagai platform yang akan mempertemukan pihak yang memerlukan dana dan pihak donatur dengan jaminan transaksi yang aman dan mudah. Jenis Fintech ini tidak hanya dimanfaatkan dalam pengumpulan dana semata, tetapi juga untuk pengembangan bisnis dan membangun bisnis bersama investor.

Nah, kedua hal di atas adalah jenis Fintech yang cukup terkenal. Selain itu, beberapa jenis Fintech Lending Indonesia lainnya adalah e-wallet, micro finance, payment gateway dan lainnya.

Deskripsi: Fintech adalah salah satu inovasi di bidang keuangan yang saat ini cukup marak. Anda perlu mengetahui manfaat dan jenis Fintech sebelum menggunakannya.

Post a Comment

0 Comments